Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat

 Bagaimana cara belajar bahasa inggris yang efektif, mudah, cepat dan tidak membebankan ? di era jaman sekarang bahasa inggris adalah sebuah bahasa yang harus kita pelajari, karena bahasa inggris sangat berguna sekali untuk kita di jaman sekarang ini, bahasa inggris adalah bahasa internasional, maka dari itu jika kita bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara baik akan memperluas jangkauan dan kesempatan kita untuk mendapatkan banyak informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

 Oleh karena itulah pemerintah mengadakan pelajaran bahasa inggris dari jenjang sekolah dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi, dan akan lebih baik lagi jika memang ada waktu dan kesempatan anda bisa bergabung dengan club atau lembaga kursus les bahasa inggris.
Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat
Tapi bagaimana jika anda tidak tidak punya waktu luang dan kesempatan ? salah satu solusinya adalah anda belajar bahasa inggris secara otodidak, berikut ini adalah beberapa tips cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat :

1. Niat
  Yang paling pertama adalah niat, niatkan dan tanamkan pada diri anda dengan kesungguhan hati dan semangat agar bisa menguasai bahasa inggris, maka dari itu mantapkanlah dulu niat dan tekad anda, karena dengan itu maka kedepannya anda akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa inggris.

2. Pelajari dan pahami konsep dasar nya
    Pelajari dulu cara mengucapkan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat otodidak efektif
angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris seperti : aku, kamu, mereka, dia, disana, siapa, mengapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa, . Ini bisa anda pelajari dari buku-buku belajar bahasa Inggris manapun, tak harus yang mahal-mahal, pada kamus bahasa inggris mini pun ada. Lebih bagus lagi jika anda bisa mempelajarinya di internet memanfaatkan mesin pencari google atau pun google translate. Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat anda dalam belajar karena merasa bisa setelah belajar hal-hal yang mudah, read also cara menghapal 16 rumus tenses dengan mudah.

3. Menghapal Kosa Kata ( Vocabulary )
  Hal yang terpenting dari sebuah bahasa adalah kosakata (vocabulary). Anda bisa memasang target harus menghapal berapa banyak kosa kata baru bahasa Inggris dalam sehari. misalnya anda menghapal 5 kosa kata baru  bahasa inggris per hari, Anda bisa memanfaatkan buku kamus bahasa Inggris maupun internet. Hendaknya anda menghapal bagaimana cara menuliskan kata tersebut, sekaligus cara pengucapannya.

4. Jadikanlah bahasa inggris Hobby anda 
     Nikmatilah berbahasa Inggris sebagaimana anda menikmati hobi-hobi anda lainnya. Pelajarilah bahasa Inggris sedikitnya 2 atau 3 jam dalam sepekan. Lakukan bermacam aktivitas dan kegiatan secara variatif terkait bahasa Inggris. lakukanlah aktivitas yang bisa menjadi hobi dan dikembangkan untuk mendukung pembelajaran berbahasa Inggris diantanranya 

   Banyak-banyak membaca artikel atau tulisan bahasa Inggris seperti dari internet, koran / majalah bahasa Inggris, buku-buku bahasa Inggris, dsb. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah anda kuasai, anda diharapkan paling tidak sudah bisa mengerti tulisan bahasa Inggris. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang anda bisa tahu, tak masalah. Jangan takut ! Anda masih dalam tahap belajar.

Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, anda malah akan bisa menambah kosakata anda yakni dengan menandai kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Anda juga akan dapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.

 Untuk melatih kemampuan listening, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan lagu yang lirik nya berbahasa inggris, dengan mendengarkan lagu berbasa inggris tanpa kita sadari akan menambah pengetahuan kosa kata baru.

5. Konsisten
Konsisten itu penting, lebih baik mempelajari materi bahasa inggris sedikit demi sedikit, tetapi konsisten dari pada menghuasai banyak materi namun hanya sehari. maka dari itu belajar lah secara konsisten dan disiplin, karena itu adalah salah satu kuncinya.

  Demikian tips cara menguasai bahasa inggris, yang paling terpenting adalah jadikanlah bahasa inggris adalah hobby anda, karena jika anda sudah menyukai, maka anda akan termotivasi untuk lebih dalam lagi dalam mempelajari bahasa inggris.

3 Responses to "Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat"

  1. caranya bagus nich dan kayaknya perlu saya coba di rumah sama anak saya

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas tipsnya ini sangat membantu bagi saya

    ReplyDelete

Thank You!